Dexteem Plus



dexteem plus
Dexteem plus adalah obat yang berfungsi untuk menyembuhkan penyakit gatal karena eksim kering dan eksim basah. Memang di pasaran banyak sekali bertebaran berbagai macam obat untuk menyembuhkan eksim. Eksim sendiri mempunyai gejala gatal – gatal yang timbul di beberapa daerah tubuh. Di antaranya tangan, perut, leher dan yang paling sering timbul adalah di bagian kaki. Dari pengalaman yang sudah mengalamai, memang dalam penyembuhannya memerlukan waktu yang cukup lama.

Penyakit eksim ini sangat menjengkelkan sekali ketika menimbulkan rasa gatal yang sangat berlebihan yang terjadi di permukaan kulit. Kadang kita tidak terasa menggaruk – garuk sangat keras dan menjadikan kulit lecet – lecet. Disarankan obat yang manjur dan mujarab dalam mengobati penyakit ini adalah dexteem plus. Kemanjuran obat ini dalam mengobati eksim dikarenakan mengandung dexchlorpheniramin maleate sebanyak 2 mili gram, dexamethasone micronised sebanyak 0,5 mili gram yang dapat mengobati rasa gatal. Namun tetap kita minta saran dari dokter dalam penggunaan obat ini.

Secara umum obat ini memiliki komposisi di mana setiap tablet mengandung zat-zat yang sudah saya sebutkan di atas.

Indikasi Dexteem plus yaitu berfungsi dalam mengobati kasus alergi yang memerlukan terapi menggunakan kortikosteroid.

Kontra indikasi dari obat ini
Orang yang hipertensif terhadap kandungan yang ada di obat ini
Bayi yang baru lahir serta prematur
Orang yang menderita infeksi jamur yang bersifat sistemik
Orang yang sedang melakukan terapi penghambat dari monoamine aksidase atau MAO
Para penderita penyakit tukak lambung aktif, serta herpes simples yang terjadi di mata.

Keterangan farmakologi tentang obat ini:
Dexteem plus adalah campuran antara ke dua zat yang ada di komposisi yang memiliki kekuatan antiinflamasi dan antihistamin serta antialergi. Antihistamin di sini bekerja dengan metode melakukan penghambatan dalam pelepasan histamin serta mediator – mediator inflamatory yang lainnya dari mast cells serta basofil.

Sebagai peran antihistamin, bisa bermanfaat dalam mengobati terjadinya reaksi hipersensifitas atau pun kondisi lain di mana terjadinya pelepasan histamin yang bersifat endogen.  Sedangkan dextamethazone adalah suatu jenis kartikosteroid yang beaktifitas dengan cara mempengaruhi terhadap kecepatan sintesis dari protein. Jenis molekul hormon yang masuk ke sel jaringan yang sifatnya responsif melalui sebuah membran plasma dengan cara difusi pasif. Setelah itu melakukan reaksi dengan resptor protein yang sangat spesifik di dalam sitoplasma sel jaringan serta melakukan pembentukan reseptor – steroid yang kompleks, di mana komples ini mengalami proses perubahan konformasi, kemudian melakukan gerakan menuju nukleus serta berikatan dengan kromatin. Jenis ikatan ini merangsang transaksi RNA dan sintesis protein yang spesifik. Terjadinya induksi sintesis dalam hal ini merupakan perantara dari efek fisiologik steroid.

Dosis pemakaian Desteem Plus
Untuk orang dewasa dan anak usia 12 tahun ke atas adalah satu tablet setiap empat – enam jam dalam satu hari setelah makan serta sebelum tidur.

Efek samping
Terjadinya gangguan keseimbangan elektrolit serta gangguan pada saluran pencernaan
Mulut dan tenggorokon terasa kering, merasa kantuk yang ringan, adanya retensi urinaria, gangguan yang terjadi pada gastrointestinal, sedasi, serta dizziess dan juga vertigo.

Hal-hal penting yang harus diperhatikan dalam mengkonsumsi obat ini adalah :
Pada penderita galucoma harus berhati – hati. Yang memiliki riwayat tukak lambung yang bersifat aktif maupun kronis. Tekanan darah tinggi, lemah jantun, penderita yang memiliki riwayat ucleratif kolitis, mistina gravis, prostatism, osteoporosis, epiliepsi, miastenia gravis.
Adanya penyesuaian dosis obat anti diabetik bagi penderita diebetes
Berat badan bertambah karena naiknya tingkat nafsu makan
Rasa kantuk harus di antisipasi bagi para pelaku aktifitas yang memerlukan kewaspadaan
Bisa terjadi efek sedasi bila dikonsumsi bersamaan dengan depresan SSP, alkohol, barbiturat serta anti depresan trisiklik.
Jika di konsumsi secara jangka panjang, jangan sampai terjadi berhenti konsumsi secara mendadak.
Bisa menekan gejala – gejala klinis dari suatu penyakit.

Pada ibu hamil serta menyusui sebaiknya tidak mengkonsumsi karena akibat serta keamanan obat ini belum diketahui secara pasti.

Penyimpanan obat ini diletakkan di tempat yang terasa sejuk serta tidak terkena cahaya matahari langsung.

Kemasan dari obat ini ada yang berupa botol yang isinya 500 tablet serta ada juga berupa dos yang berisi 10 strip dan setiap strip 10 tablet.


Alternatif pengobatan alami untuk gatal – gatal:
Siapkanlah 6 gram daun sirih (yang saling bertemu uratnya)
Satu ruas rimpang bangle
Satu sendok teh minyak kayu putih
Cara meramunya:
Haluskan daun sirih serta bangle, diaduk sehingga rata.
Campurkan daun sirih dan bangle yang sudah halus dengan minyak kayu putih
Oleskanlah pada kulit yang terasa gatal atau alergi.
Reaksi yang terjadi pada saat memakai ramuan ini ialah terasa panas serta perih, namun jangan khawatir, sebab hal ini adalah reaksi yang memang terjadi. Ulangilah proses pengolesan ramuan sampai mendapatkan hasil yang optimal yaitu kesembuhan.

Apabila pengobatan dilakukan dengan obat kimia, bufacaryl yang berbentuk kaplet bisa juga untuk alternatif. Di tambah dengan CTM untuk pengobatan alergi.
Cara alami mengobati gatal karena eksim
1. Belerang + Benkuang
Siapkan tiga sendok makan beleran, empat sendok makan biji benkuang, serta dua sendok makan minyak kelapa. Ke dua bahan tersebut ditumbuk, setelah itu tambahkanlah minyak kelapa. Aduklah sampai rata. Oleskanlah di kulit yang terserang eksim. Lakukanlah dua kali dalam satu hari.

2. Biji Mahoni
Sediakan setengah sendok makan biji mahoni serta madu. Seduhlah serbuk biji mahoni dengan setengah cangkir air mendidih. Kita dapat menambahkan madu agar manis rasanya. Minulah dalam keadaan hangat. Minum tiga kali dalam 1 hari.

3. Daun Kecubung
Siapkan tiga helai daun kecubung serta minyak kelapa secukup nya. Cucilah daun tersebut lalu tumbuk sampai halus. Tambahlah minyak kelapak, setelah itu aduklah sampai rata. Panasi di atas api. Oleskanlah dalam kondisi hangat.

4. Kunyit serta asam jawa
Siapkanlah dua rimpang kunyit serta satu genggam daun asam jawa. Cucilah keduanya, lalu ditumbuk sampai halus. Oleskan pada kulit yang gatal

5. Wortel + Kapur sirih
Siapkan satu sendok makan kapur sirih serta 1 umbi wortel. Cuci wortel kemudian diparut. Campurkan lah kapur sirih, dan aduk rata.Oleskan pada kulit dan balutlah menggunakan perban.

6. Daun sambiloto + Temulawak
Persiapkan lima rimpang temu lawak, satu genggam daun sambiloto, sepuluh gr asam serta tujuh helai ngokilo. Temu lawak dikupas, lalu irislah tipis-tipis. Campurlah seluruh bahan, dan rebuslah di dalam dua gelas air sampai mendidih. Angkatlah sesudah air tersisa hanya satu gelas. Pada saat sesudah dingin, saringlah dan minum selama lima hari berturut-turut.

7. Daun meniran
Sediakan satu sendok makan daun meniran, satu rimpang temulawak diiris, 15 helai daun remujang serta air. Cucilah semua bahan dan lalu direbus. Biarkan mendingin, kemudian tambahkanlah gula batu.

8. Daun Bayam
Cucilah daun bayam sampai bersih, lalu rebus sampai mendidih. Kemudian gunakan air tersebut untuk mengompres kulit yang gata.

9. Daun ketepeng
Persiapkan daun ketepeng, sepotong kunyit, serta daun asam muda. Cucilah semua bahan, lalu tumbuk sampai halus. Oleskan di bagian kulit yang gatal

10. Biji bungur
Sediakan setengah genggam biji bungur, satu rimpang kunyit, 3 helai daun ketepeng, serta 2 sendok makan minyak kelapa. Sangrailah biji bungur, lalu haluskan semua bahan. Tuangkanlah minyak kelapa sembar diremas. Gosoklah pada bagian yang kena eksim, lalu dibalut menggunakan kain bersih. Lakukanlah 2 kali dalam sehari.

11. Kangkung segar
Persiapkan kangkung yang masih dalam keadaan segar secukupnya. Bersihkan dengan air dan rebuslah sekitar lima belas menit. Air tersebut dibasuh pada bagian kulit gatal.

Cara mengobati eksim basah menggunakan bahan alami
Bahan-bahan yang harus disiapkan:
10 gr lengkuas
10 gr kunyit
3 gr kapur sirih

Langkah pembuatan ramuah:
Bersihkanlah kunyit serta lengkuas menggunakan air bersih, lalu ke 2 bahan itu diparut. Kemudian hasil parutan tersebut dicampur kapur sirih. Setelah itu tempelkan ramuan itu di bagian yang gatal karena eksim, balut menggunakan kain jenis perban agar tidak terkena air, lakukanlah secara rutin. Dan ketika mandi, bagian yang bereksim di usahakan tidak terkena sabun.
Makanan yang diperbanyak untuk mempercepat penyembuhan eksim adalah tahu, hati, susu, tempe, tomat, bayam.

Langkah antisipasi agar tidak terkena eksim
Dengan melakukan penghindaran makanan penyebab alergi contohnya daging, miras, ikan yang berasal dari laut, serta rempah-rempah. Disarankan tidak memakai pakaian berbahan wol. Hindari lingkungan yang berdebu, bulu binatang, serbuk bunga. Dan secara non fisik jangan terlalu stres.

Cara mengobati eksim basah dengan bahan alami
1. Bersihkan bagian eksim basah, misal dengan cara mengusapnya dengan kain asa steril + larutan alkohol 70%, walau aga perih di awal, tapi anda mesti bisa menahannya. Selang beberapa saat anda akan mulai merasa rasa gatal yang berangsur hilang. Setelah itu oleskan minyak tawon

Khasiat daun sirsak untuk mengobati eksim basah
Siapkan sepuluh helai daun sirsa yang sebelumnya sudah dibersihkan. Kemudian rebus dengan air sebanyak tiga gelas sampai air sisa 2 setengah gelas.