Tips Mudah Tubuh Selalu Wangi



tips mudah tubuh selalu wangi
Tubuh selalu wangi sejalan dengan perawatan kebersihan dan kesehatan yang baik. Hal lain yang lebih penting adalah Anda harus melakukan beberapa kebiasaan sehat agar tubuh beraroma lebih baik. Apabila Anda menginginka tubh anda lebih harum lagi, Anda dapat melakukan langkah-langkah ekstra untuk selalu menjaga dan memelihara napas, kulit, dan pakaian Anda agar selalu segar.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menjaga agar tubuh selalu wangi;
1. Membersihkan tubuh dengan cara mandi secara teratur.
Secara umum, Anda harus melakukan mandi sebanyak dua kali dalam sehari. Walaupun apabila Anda tidak mencium aroma yang tidak sedap pada tubuh Anda pada waktu sore, Anda harus tetap membersihkannya atau mandi.
Ancaman berupa bakteri dan udara yang lembap akan terus bertambah pada kulit Anda dengan cepat, berpotensi menyebabkan masalah pada kesehatan anda serta akan menyebabkan bau bau yang tidak sedap. Dengan mandi secara teratur merupakan cara untuk mengurangi tingkat kelembapan yang berlebihan pada bagian kulit dan juga akan menjauhkan dari bakteri sumber dari penyebab bau yang tidak sedap.
Lakukan mandilah lebih sering dari biasanya pada waktu musim panas, apalagi bila Anda terlalu banyak mengeluarkan keringat pada waktu bekerja atau pada waktu anda berolahraga.
Pakailah air hangat dan juga  sabun wangi. Sabun adalah bagian penting sebab sabun ini akan  merontokkan kotoran serta debu yang terperangkap di dalam minyak yang berada pada kulit Anda.
Cucilah rambut Anda tergantung kebutuhan. Tahukah Anda bahwa rambut Anda memiliki peran penting pada permasalahan bau badan, karena minyak, kotoran, dan bakteri yang meyebabkan bau dapat mengendap di sana juga. Keramas rambut setiap 1 sampai 3 hari sekali biasa mencegah hal ini agar tidak menjadi masalah.
Sebagai langkah tambahan bagi Anda, gunakanlah sabun serta sampo yang wangi.

2. Cukurlah rambut ketiak Anda.
Usahaka membersihkan bulu pada ketiak Anda sesering mungkin. Ketika ketiak mengeluarkan  keringat, disitu keringat akan terjebak oleh bulu ketiak Anda, yang akan menyebabkan bakteri mudah tumbuh dan berkembang biak. Inilah yang akan menyebabkan bau.
Lakukanlah pencukuran rambut ketiak Anda secara teratur setiap dua atau tiga hari sekali atau sesuai kebutuhan di musim panas, apalagi jika Anda banyak mengeluarkan keringat. Bila pada musim dingin Anda dapat membiarkannya lebih lama, walaupun demikian Anda tetap harus mencukur secara teratur setiap 2 minggu sekali agar kesegaran terjaga secara optimal.

3. Gunakan pengharum ketiak.
Gunakanlan pengharum ketiak pada saat Anda akan memakai pakaian pada waktu pagi hari.
Agar menghasilkan yang terbaik, pilihlah pewangi ketiak yang juga sebagai antiperspiran. Pengharum ketiak ini bukan hanya akan membuat ketiak Anda wangi, akan tetapi juga meminimalkan jumlah keringat serta penyebab bau badan yang lain.
Sebuah pewangi ketiak yang memiliki kualitas baik seharusnya bisa bertahan kurang lebih selama 12 jam, akan tetapi Anda perlu untuk memakainya lebih sering apabila Anda mengeluarkan keringat banyak pada hari-hari tertentu.
Anda bisa membeli pewangi berbentuk semprot atau oles. Namun, pewangi ketiak oles biasanya cenderung mempunyai reputasi yang lebih baik dari yang lain.

4. Memakai baju bersih.
Cucilah baju Anda dengan teratur dan bergantilah dengan pakaian yang bersih setiap harinya. Bila keringat yang bau mulai keluar dan juga membasahi bagian bawah lengan pakaian Anda, Anda mesti menggantinya dengan baju yang bersih.
Yang paling utama yaitu ganti baju bagian dalam Anda. Pada waktu cuaca yang cukup panas, Anda bahkan mesti menggantinya pun kaus kaki yang Anda pakai secara teratur satu kali dalam dua hari.

5. Sikatlah gigi Anda paling sedikit dua kali dalam sehari.
Bau yang keluar dari mulut bisa disebabkan bau makanan yang tidak sedap, pada umumnya hal itu merupakan hasil penumpukan berbagai bakteri yang berada di dalam mulut. Anda mesti membersihkan dua sampai dengan tiga kali dalam sehari agar mulut Anda bersih dari bakteri serta meminimalkan efek dari nafas yang berberbau.
Sikatlah gigi-gigi Anda secepatnya apabila Anda bangun di waktu pagi hari dan juga sebelum tidur di malam hari. Anda pun bisa menyikat gigi-gigi Anda di siang hari, setelah makan siang Anda lakukan, hal ini dilakukan agar kesehatan gigi Anda terjaga dengan lebih baik lagi.
Bersihkan lidah Anda sesaat setelah menyikat gigi. Mungkin Tidak banyak orang-orang mengetahui tentang hal ini, bahwa bakteri yang terdapat pada gigi Anda pun bersemayam pada lidah Anda. Membersihkannya dengan cara menyikat secara lembut lidah Anda menggunakan sikat gigi merupakan cara yang tepat dalam rangka membersihkan sebagian besar bakteri-bakteri ini.
Gunakanlah benang pembersih gigi paling tidak sekali dalam sehari dalam rangka membersihkan kotoran serta bakteri yang terselip antara celah-celah gigi Anda.

6. Bersihkanlah kulit yang sudah mati.
Pada proses pengelupasan yang terjadi di kulit mati juga terjadi jauh ke dalam pori-pori kulit Anda, untuk itu Anda mesti benar-benar membersihkan bakteri-bakteri jahat ataupun kotoran-kotoran yang ada di sana. Beli sabun pencuci kulit khusus pada pengelupasan kulit mati ini dan gunakanlah pada setiap satu atau juga dua kali dalam seminggu, atau sesuai dengan petunjuk pemakainnya.
Atau Anda bisa membersihkan kulit mati yang mengelupas ini dengan dead sea salt atau disebut juga dengan garam epsom. Campurlah dua sampai tiga sendok makan (30 sampai dengan45 mili liter) garam dengan air yang ada di bak mandi mandi air panas dan berrendamlah tubuh Anda dalam air tersebut sampai dengan air menjadi dingin. Gunakanlah garam jenis ini satu atau 2 kali dalam sebulan, jangan digunakan terlalu sering karena akan menjadikan kulit Anda menjadi terlalu kering.

7. Gunakanlah wewangian dengan aroma serupa.
Apabila memungkinkan, gunakanlah sabun pembersih, sampo rambut, losion kulit, serta produk wewangian yang lain yang semuanya memiliki aroma yang sama. Karena hal ini akan menjadikan oroma wewangian dapat bertahan lebih lama.
Apabila Anda tidak bisa menemukan aroma yang sama persis untuk beberapa produk perawatan tubuh, gunakanlah produk-produk yang berbeda tapi yang masing-masing masih memiliki unsur aroma yang sama. Misal, pilihlah beberapa produk yang semuanya memiliki aroma mawar walaupun produk-produk tersebut dibuat oleh produsen yang berbeda-beda.
Awalilah menggunakan gel untuk mandi yang memiliki aroma, kemudian setelah itu lapisilah dengan losion  kulit yang memiliki aroma sama segera sesudah tubuh Anda kering. Dan jika memungkinkan, lengkapilah dengan memakai pewangi ketiak yang memiliki aroma sama.
Anda bisa juga memakai minyak wangi, cologne, bedak, serta pewangi setelah Anda bercukur agar aroma pada tubuh anda semakin kuat dan tahan lama.

8. Pelajarilah cara yang terbaik dalam menggunakan parfum atau pun kolonye.

Penggunaan yang tepat dimulai dengan memilih produk yang tepat. Dari sana, Anda juga perlu tahu di mana Anda harus menggunakan produk tersebut dan berapa banyak yang harus digunakan
Berbicara tentang parfum, produk berlabel "perfume" memiliki konsentrasi aroma paling tinggi, diikuti oleh "parfum," "eau de toilette," dan "eau de fraiche" .Konsentrasi yang lebih tinggi dari wewangian tersebut berarti aromanya akan tahan lama.
Berbicara tentang kolonye", sebuah "eau de toilette" memiliki konsentrasi aroma tertinggi, diikuti oleh kolonye dan "eau de cologne. "Aftershave memiliki konsentrasi paling lemah.[4] Sama seperti parfum, dengan konsentrasi yang lebih tinggi berarti bau tahan lama.
Gunakan parfum dan kolonye hanya pada titik aliran nadi sepanjang tubuh Anda. Daerah ini adalah bagian terpanas dari tubuh Anda dan akan menyebarkan parfum dengan cara yang paling efektif. Gunakan di bagian dalam pergelangan tangan Anda, tengkuk Anda, dalam lipatan siku, dan belakang lutut .
Tahan diri Anda dari membenamkan diri ke dalam wewangian, karena ini sering kali membuat orang-orang di sekitar Anda menjadi tidak nyaman

9. Gunakan pembersih lidah.
Gunakan pembersih lidah setiap malam sebelum tidur. Gosok dengan lembut di atas lidah Anda dan bilas mulut Anda dengan air .
Pembersih lidah bahkan lebih efektif membersihkan lidah Anda dari bakteri berbahaya daripada sikat gigi. Dengan demikian, ini bisa menjadi alat yang sangat berguna untuk dimiliki dan gunakanlah terutama jika Anda bermasalah dengan bau mulut.

10. Segarkan napas Anda dengan permen.
Sementara kebersihan gigi yang baik adalah senjata yang paling efektif terhadap bau mulut, Anda tetap dapat menggunakan permen dan penyegar napas lainnya setelah makan atau setiap kali rasa "basi" mulai berkembang di mulut Anda .
Permen penyegar napas, permen karet, dan semprotan penyegar mulut merupakan pilihan yang baik yang layak dipertimbangkan.
Ingatlah juga bahwa menggunakan produk ini secara berlebihan juga dapat menyebabkan peningkatan kerusakan gigi, terutama jika Anda menggunakan permen dan permen karet dengan kadar gula tinggi.

11. Minumlah air yang banyak untuk mengeluarkan racun dari tubuh.
Bau badan juga dapat dihasilkan dari penumpukan racun dalam tubuh Anda. Meskipun ada diet khusus dirancang agar racun ini keluar dari tubuh Anda, cara paling sederhana untuk menjaga tubuh Anda bebas dari racun yang menyebabkan bau tak sedap adalah dengan secara konsisten tetap menjaga kadar air dalam tubuh, karena air putih adalah cara alami untuk membilas sistem tubuh Anda. Cobalah untuk minum enam sampai delapan oz (250 ml) gelas air setiap hari

12. Hilangkan bau di kaki.
Karena kaki cenderung mudah berkeringat, kotoran, berbakteri, maka bau juga dapat berkembang agak cepat. Dengan demikian, kebersihan kaki dan penghilang bau merupakan aspek penting agar Anda beraroma baik.
Bersihkan kaki Anda setiap hari. Gunakan batu apung, sikat kaki, atau alat pengelupasan kulit lainnya untuk menggosok kotoran dan sel-sel kulit mati di kaki Anda.
Gunakan bedak kaki untuk menyerap kelembapan sebanyak yang diperlukan.
Kenakan alas kaki terbuka di musim panas. Ini memungkinkan kaki Anda untuk "bernapas," mencegah keringat dan menghasilkan bau

13. Jagalah lemari tempat menyimpan baju Anda selalu segar. Kain dapat menyerap bau yang tidak menyenangkan, bahkan pakaian bersih mungkin mulai berbau seiring berjalannya waktu. Ambil tindakan pencegahan ekstra untuk menjaga daerah lemari pakaian Anda tetap segar agar diri Anda beraroma lebih baik juga.

  • Pengharum ruangan mungkin merupakan solusi yang paling baik untuk dicoba. Pilih pengharum ruangan yang menetralkan bau daripada hanya menutupinya dengan aroma lain. Bila mungkin, cari pewangi yang diberi label khusus untuk digunakan dengan pakaian.
  • Letakkan lembaran kain dalam laci meja rias Anda untuk menjaga kesegaran "aroma laundry" lebih lama. Anda juga dapat menyumbatkan kain ke dalam sepatu yang disimpan di rak sepatu. Kain ini harus diganti setiap hari, tetapi kain di dalam laci meja rias Anda hanya perlu diganti setelah aromanya hilang.
  • Taburkan parutan sabun di lemari atau meja rias. Parut sabun menggunakan kotak parutan. Kumpulkan 1/2 cangkir (125 ml) serutan untuk dimasukkan ke dalam kantong plastik, dan letakkan kantong plastik ini dan biarkan terbuka di dalam laci atau di sepanjang bagian bawah lemari Anda.
  • Isi tas/bungkusan kain yang berpori dengan bunga rampai dan tempatkan di laci meja rias Anda. Ganti bunga rampai tersebut saat diperlukan.
  • Tempatkan kotak baking soda secara terbuka di bagian bawah lemari Anda. Baking soda menyerap bau, sehingga ruangan mulai berbau segar dalam beberapa hari sampai beberapa minggu.
  • Tempatkan kapur di lemari Anda. Kapur menyerap kelembaban, sehingga membatasi penyebab bau lembab di lemari Anda. Ikatlah seikat kapur dengan tali yang kuat dan gantung di dalam lemari Anda

14. Mandi dengan wewangian. 
Manjakan diri Anda dengan mandi dengan wewangian sekali atau dua kali seminggu untuk tambahan aroma ekstra. Tuangkan sedikit busa mandi ke bak air mandi Anda atau campurkan dengan beberapa tetes minyak esensial.
Jika mencuci rambut Anda, tunggu sampai Anda selesai dengan mencuci rambut sebelum Anda menambahkan wewangian tersebut.
Bagi wanita harus menghindari berendam di dalam wewangian yang terlalu kuat atau bahan kimia tinggi. Produk-produk ini dapat menyebabkan iritasi pada daerah sensitif kewanitaan, sehingga mengganggu keseimbangan kimia di daerah itu dan menyebabkan bau yang lebih kuat.

15. Gunakan wewangian ekstra untuk daerah ketiak Anda. 
Bawa wewangian roll-on mini dengan Anda sepanjang hari. Ketika Anda merasakan ketiak Anda membutuhkannya, permisilah ke kamar kecil dan gunakan wewangian tersebut di sekeliling ketiak Anda
Ingatlah bahwa ini tidak boleh digunakan sebagai pengganti deodoran. Wewangian seperti ini tidak akan dapat memerangi bau badan bila sendirian. Hanya gunakan taktik ini sebagai penyegar cadangan bagi rutinitas penyegaran ketiak Anda.

16. Netralisir bau badan dengan cuka. 
Jika Anda ingin cara untuk mengurangi bau yang berasal dari ketiak Anda tanpa bergantung pada bahan kimia dan aroma berat, Anda dapat menerapkan cuka sari apel sedikit ke daerah yang berbau untuk menetralisirnya.
  • Rendam bola kapas dengan cuka sari apel terkonsentrasi dan dengan seksama gosok di daerah ketiak Anda.
  • Lakukan ini setidaknya tiga kali setiap hari: di pagi hari, pada siang hari, dan pada malam hari.
  • Jika Anda memilih untuk melakukan ini, Anda masih dapat menggunakan deodoran sedikit setelah menerapkan cuka. Antiperspiran sangat membantu karena mengurangi penyebab bau keringat.

17. Lawan bau dengan makanan dan minuman. 
Makanan tertentu memiliki sifat penghilang bau yang bertahan di napas dan kulit selama berjam-jam setelah Anda selesai makan sekalipun. Makanan pedas berbau menyengat tidaklah perlu selalu dihindari, tetapi Anda harus mengonsumsinya bersamaan dengan makanan yang bersifat bisa menangkal bau.
  • Kayu manis memiliki aroma menyegarkan yang kuat yang tetap menempel pada kulit.
  • Kapulaga dan biji fenugreek dapat digunakan sebagai penyegar mulut.
  • Buah jeruk dapat menjadikan mulut Anda terasa segar, dan karena jeruk mudah diserap oleh tubuh, kulit Anda mungkin juga akan mengeluarkan sedikit aroma yang segar pula.
  • Ganti minum kopi dengan teh melati atau teh hijau bila memungkinkan. Teh melati memiliki aroma menyegarkan dan tahan lama, dan teh hijau mengandung senyawa polifenol yang menghilangkan bakteri penyebab bau di mulut Anda. Selain itu, teh hijau dan teh herbal meningkatkan kesehatan pencernaan Anda dari waktu ke waktu. Dengan demikian akan meningkatkan aroma yang lebih baik pada tubuh Anda.
  • Netralkan bau bawang putih dan bawang merah dengan susu, peterseli, atau mint.

Sumber: id.wikihow.com