Saber Pungli Adalah



Program pemberantasan pungutan liar atau lebih dikenal dengan pungli sangat serius dilaksanakan oleh pemerintahan presiden Bapak Joko Widodo. Di dalam rapat koordinasi dengan para gubernur dari seluruh Indonesia yang dilaksanakan di istana negara pada hari kamis 20 Oktober 2016, presiden menginformasikan dan membahas langkah-langkah nyata dalam pemberantasan pungli di seluruh lapisan pelayanan terhadap masyarakat.

Pungli atau pungutan liar yang telah lama dan terlalu lama dibiarkan terjadi dimungkinkan sudah menjadi budaya khusus di dalam pelayanan terhadap masyarakat di negara Indonesia. Pemerintah tidak ingin hal tersebut terus berulang dan terjadi lagi, presiden Bapak Joko Widodo menegaskan kepada seluruh jajarannya di seluruh daerah agar menyelaraskan langkah-langkah dengan langkah-langkah yang pemerintah pusat di dalam upaya menanggulangi pungutan liar di Indonesia.

Pungutan liar merupakan hal yang telah lama bertahun-tahun terjadi dan hampir semua masyarakat menganggap bahwa itu merupakan sebuah hal yang biasa, kebanyakan kita juga permisif terhadap kejadian tersebut. Oleh karena itu saya mengajak kepada para gubernur untuk melakukan langkah-langkah dalam penanggulangan pungutan liar. Tidak hanya tentang pengurusan KTP, tidak hanya tentang pengurusan sertifikat, tidak hanya urusan di pelabuhan, kantor, ataupun di rumah sakit. Namun hal-hal apapun yang berkaitan dengan pungutan yang dilakukan secara tidak resmi harus segera kita hilangkan secara bersama-sama. Dengan keselarasan itulah maka kita mengharap operasi saber pungutan liar ini akan terlaksana dengan efektif, presiden Bapak Joko Widodo

Di depan para gubernur bapak presiden juga kembali mengingatkan agar semangat di dalam pemberantasan pungutan liar ditangannya terletak jumlah kerugian yang ditimbulkan olehnya namun juga lebih pada sumber budayanya yang akan kita hilangkan secara bersama-sama

Yang namanya pungli tidak hanya tentang besar kecilnya bumi tersebut makan tapi keluhan yang sampai kepada saya itu memang telah puluhan ribu jumlahnya. Hal ini merupakan persoalan yang harus diselesaikan secara bersama-sama jadi Ini bukan tentang masalah 10000 tapi hal ini sudah menjadikan masyarakat susah dalam mengurus urusannya yang berkaitan dengan birokrasi.

Presiden juga mengingatkan kepada para gubernur agar segera dilaksanakan di daerah masing-masing karena pungutan liar tidak hanya berefek kecil pada buruknya kualitas pelayanan yang dilakukan oleh birokrasi pada masyarakat. Apabila hal ini dibiarkan terus maka pada akhirnya akan menjalar ke hal yang lebih luas secara nasional. Kemudian pungli ini juga akan menjadikan tidak daya saing kita lemah yaitu daya saing saing nasional terhadap luar negeri


Saber pungli merupakan program yang dijalankan oleh pemerintah yang berupa pembentukan sebuah Satgas atau satuan tugas sapu bersih pungutan liar dan tim ini merupakan salah satu bagian dari kebijakan pemerintah di dalam menjalankan reformasi di bagian hukum

Tujuan dan maksud dari program saber pungli adalah menjadikan birokrasi yang jujur bersih serta adil dari kegiatan pungutan liar dalam rangka meningkatkan kemakmuran dan kemajuan bangsa serta negara dibidang hukum. Saber pungli ini ditetapkan dengan peraturan presiden nomor 87 tahun 2016 tentang satuan tugas sapu bersih pungutan liar. Tim Saber pungutan liar merupakan satu diantara bagian dari kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah dalam rangka untuk melaksanakan reformasi di bidang hukum. Semua masyarakat diharapkan mendukung program ini agar kita semua sadar akan kejujuran dalam bekerja. Pihak yang berwenang dalam Menindaklanjuti laporan yang diberikan oleh masyarakat adalah tim Satgas saber pungli.

Aplikasi Saber pungli dapat diakses melalui website, aplikasi mobile, call center email Serta SMS. Untuk bisa menggunakan saber pungli dengan cara yang pertama adalah melalui call center yaitu dengan nomor 193 atau bisa juga dengan SMS ke nomor 1193 dengan format lapor#nama#NIK# tanggal-bulan-tahun kejadian#lokasi kejadian#instansi terlapor#laporan.

SMS yang masuk berupa laporan akan dijawab dengan memperoleh notifikasi berupa nomor aduan yang bisa kita gunakan untuk pelacakan status aduan tersebut melalui portal web dan juga aplikasi mobile. Masyarakat bisa melaporkan kejadian pungutan liar dengan aplikasi Saber pungli 1 kali 24 jam Dalam 7 hari.

Masyarakat yang melapor bisa mengetahui status pelaporan tersebut dengan pemberian notifikasi SMS serta email dengan kalimat Terimakasih telah menghubungi kami, laporan anda akan segera ditindaklanjuti tim Satgas saber pungli dan akan mendapatkan nomor pelaporan. Jika ada kendala dalam penggunaan aplikasi mobil dan juga penggunaan website bisa mengirimkan aduan tentang kendala tersebut ke email dengan alamat info@saberpungli. polkam.go.id pengaduan tersebut disertai dengan deskripsi dan juga screenshot mengenai kendala atau kerusakan atau error yang anda hadapi sehingga tim dari saber pungli bisa membantu secepatnya.